Tax Goes To Campus 2012

Kegiatan sosialisasi perpajakan dalam bentuk “Tax Goes To Campus (TGTC)“ yang berkerja sama dengan HMS (Himpunan Mahasiswa Sipil) dan HIMAKA (Himpunan Mahasiswa Akutansi) dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 11 Desember 2012, di gedung Academic Activity Centre, Jln. Prof. Dr. Dayan Dawood, MA Universitas Syiah Kuala, Darussalam Banda Aceh. Kegiatan ini diikuti sekitar 300 orang mahasiswa dari berbagai jurusan dan 50 finalis Olympiade Perpajakan.

Pembantu Rektor III Unsyiah , Rusli Yusuf, yang membidangi kemahasiswaan pada kata sambutannya mengatakan, di tengah maraknya pemberitaan mengenai kericuhan antar mahasiswa, kegiatan sosialisasi seperti ini tentunya merupakan hal positif dan bisa menjadi solusi untuk meningkatkan moral rasa kebersamaan antar mahasiswa dan kecintaan kepada kepada negeri ini.

Setelah acara formal ditutup dengan pembacaan doa, “Tax Goes To Campus (TGTC)“ dilanjutkan dengan penampilan Perkusi mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala dari KOPER B Kas (Komunitas Perkusi Barang Bekas) membawakan lagu “kutiding”.

Safuadi, S.T., M.Sc selaku Kepala Pusat Pendidikan dan Latihan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Balai Diklat Keuangan, Kementrian Keuangan Republik Indonesia dalam pemaparan materi “Tax Goes To Campus (TGTC)“ kali ini menyampaikan “Pendidikan bukan hanya mencerdaskan tapi juga mensejahterakan”. Kegiatan TGTC kali ini mengambil tema “Bersama Anda membangun Bangsa“. Dari tema tersebut kita dapat menyimpulkan bahwa ditangan anda-anda semualah kita dapat membangun bangsa, dengan membayar pajak, maka secara tidak langsung kita telah membantu pendidikan di Indonesia yang mana dengan dana APBN yang tekumpul tersebut di peruntukan untuk biaya pendidikan.

Semakin banyak orang yang berpendidikan tinggi, maka daerah tersebut akan sejahtera. Rasio Doktor di Indonesia ialah 98 orang per 1 juta penduduk dari jumlah populasi 234.000.000. Pada tahun 2011 jumlah APBN ialah 380 T, dengan kesadaran masyarakat Indonesia untuk membayar pajak, pada tahun 2012 APBN menembus 1.500 T dan Indonesia dinobatkan sebagai Investment Country dengan pertumbuhan ekonomi 6,6% pertahun.

Kegiatan sosialiasi perpajakan tidak hanya bertujuan untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan pajak kepada mahasiswa, tetapi melalui kegiatan ini diharapakan mahasiswa mampu menjadi agent of information yaitu memberikan informasi perpajakan yang benar kepada masyarakat mapun menjadi agent of change dengan merubah pola pikiran masyarakat yang selama ini cenderung menghindari pajak menjadi masyarakat yang sadar dan taat pajak.

Comments

Popular posts from this blog

Liang Beach, Most Beautiful Place in Ambon

[INFOGRAPHIC] Hojak in Indonesia, Banda Aceh City 🛵

[INFOGRAPHIC] 3 Steps To Vote Indonesian In World Halal Tourism Award